Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Microsoft FrontPage - 2

5. Theme 

Salah satu keistimewaan FP Editor adalah theme (tema). Tema mendefinisikan tampilan sebuah halaman web, yang meliputi kepala halaman, badan, gambar latar belakang, item-item bullet dan sebagainya.
FP Editor menyediakan beberapa tema yang dapat dipilih sesuai selera, seperti blueprint, expedition, automotive dan lain-lain. Menu Theme dapat diakses dari menu “Format:Theme”.

6. Efek-efek di FrontPage Editor 
FP Editor menyediakan bermacam efek, namun satu hal yang harus diingat bahwa efek ini pada umumnya hanya berfungsi untuk browser Microsoft Internet Explorer (MSIE) mulai versi 4.0.

6.1 Animasi Teks 
Untuk menambah efek transisi kata misalnya, agar kata demi kata bisa jatuh dari atas maka gunakan “Format:Animation:Drop In By Word”. Sorot teks yang akan diberi efek, kemundian efek dapat dipilih salah satu dari bermacam pilihan. FP Editor secara otomatis akan menambahkan script Dynamic HTML (bisa dalam bentuk JavaScript) ke dalam kode HTML yang panjang sekali. Tentang dokumen dengan
script akan dipelajari lebih lanjut pada ulasan VBScript dan JavaScript.
Ketika menggunakan efek-efek ini, jangan terlampau berlebihan, karena pengguna mungkin bisa bosan akibat terlalu lama menunggu halaman tersebut tampil sepenuhnya. Jika efek animasi terlalu banyak, jangan heran juga bila kadang-kadang efek animasi web tersebut tidak bekerja sempurna (barangkali akibat semuanya berebutan mendapat jatah giliran CPU untuk dieksekusi).

6.2 Hover Button 
Tombol ini digunakan untuk navigasi ke link-link lain.
Di dalam Hover Button dapat dipilih efek-efek tombol yang muncul saat kursor diarahkan ke tombol tersebut, antara lain:

1. Glow: tombol berpendar dengan warna lain
2. Color fill: tombol berubah warna
3. Bevel in: tombol seolah ditekan.

Hover button ini menggunakan kelas applet Java (fphover.class) yang tersedia di browser klien MSIE.

6.3 Marquee 
Marquee adalah efek untuk animasi teks bagi Active Page (halaman yang menggunakan ekstensi Active produk Microsoft).