Pengenalan Hypertext Markup Language (HTML)

Pengenalan  Hypertext Markup Language (HTML)

Terlebih dahulu sebelum kita Belajar SEO di blogspot Maka kita mempelajari hal hal yang mendasar dari Dunia Maya / Intenet dan Hypertext Markup Language (HTML)

Ketika pertama kali WWW dipopulerkan, HTML merupakan satu-satunya bahasa pemrograman yang digunakan untuk merancang halaman web / blogspot. Fasilitas yang telah didukung oleh HTML adalah kemampuan untuk menampilkan teks, gambar, frame juga multimedia.

Sayangnya walaupun terus menerus dikembangkan, HTML dirasakan memiliki banyak kekurangan di dalam perancangan sebuah halaman web / blogspot, terutama untuk merancang halaman web / blogspot yang dinamis dan interaktif. HTML hanya menampilkan halaman yang penuh informasi tanpa memberi kesempatn kepada pengguna untuk berinteraksi dengan halaman web / blogspot tersebut. Interaksi hanya dapat terjadi jika sebuah halaman web / blogspot mengirimkan respon pengguna ke web / blogspot server untuk diolah, baru kemudian server mengirimkan umpan balik ke browser. Hal ini selalu membutuhkan waktu yang relatif lama juga menambah kepadatan lalu lintas jaringan internet.

Untunglah para pakar internet dan WWW segera menyadari kekurangan tersebut dan menyimpulkan bahwa mereka membutuhkan sesuatu yang lebih daripada sekedar HTML. Akhirnya HTML dikembangkan sedemikian rupa sehingga ke dalam HTML tersebut dapat ditambahkan suatu bahasa pemrograman script (scripting language) yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan perancangan sebuah halaman web / blogspot. Bahasa script merupakan suatu tipe bahasa pemrograman yang menyediakan kontrol untuk lingkungan pemrograman selain daripada lingkungan asal bahasa script itu sendiri. Contohnya adalah VBScript dan JavaScript.

Bahasa script lebih bersifat interpreter daripada compiler, yang berarti bahwa program yang disusun dengan
bahasa script harus dijalankan di dalam suatu lingkungan yang mampu menginterpretasikan bahasa script tersebut dan tidak dapat dijalankan sebagai aplikasi yang berdiri sendiri. HTML tidak dapat menginterpretasikan bahasa script, namun HTML dapat memanggil interpreter dari bahasa script tersebut.

Dalam internet juga ada beberapa istilah yang harus dipahami, antara lain:

1. Upload/ Download File
Jika Kita memiliki akses ke webserver/ internet server ( tempat penyimpanan dokumen web / blogspot di internet), maka Kita dapat mempublikasikan dokumen web / blogspot Kita ke Internet dengan cara mengirimkan file dokumen web / blogspot kita ke web server. Jika kita tidak memiliki akses, kita masih dapat mempublikasikan dokumen web / blogspot kita dengan menggunakan jasa website yang menawarkan server gratis (www.tripod.com , www.freeserver.com, dll). Pengiriman file ke web / blogspot server disebut dengan cara Upload. Lawannya adalah download yaitu mengkopi file dari webserver ke local drive.

2. HTML Editor
Ada beberapa HTML Editor yang dapat kita gunakan yaitu: Microsoft FrontPage, Adobe Photoshop, Adobe Pagemill, Macromedia Dreamweaver, Macromedia Dreamweaver Ultradev, dll. Kebanyakan dari HTML Editor ini sifatnya adalah WYSIWYG (What You See Is What You Get), dalam arti yang kita lihat di layar adalah apa yang nanti kita tampilkan.

Fungsi dari HTML Editor ini adalah untuk mempermudah pengeditan dari suatu dokumen web / blogspot. Dibandingkan dengan jika kita mengetikkan kode script HTML di dalam format teks dan baru bisa dilihat jika dibuka di browser, HTML Editor versi WYSWYG sangat membantu sekali. Disamping itu HTML Editor yang ada saat ini juga menawarkan fasilitas wizard (tool pembantu) yang dapat mempercepat pembuatan web / blogspot kita.

Berikut ini adalah hal yang harus kita perhatikan tentang komponen dari suatu browser:

1. Balok Title window
2. Menu Browser.
3. Indikator loading halaman HTML.
4. Navigator Button
5. Alamat URL
6. Frame window
7. ScrollBar window
8. Status window
9. Koneksi Browser.

Categories



Loading...
 
Dark Side Blogger Template Copyright 2010 - Nyoba Belajar SEO Search Engine Optimization di Blogspot Lengkap