Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengenalan tentang Internet

Pengenalan tentang Internet

Sebelum kita Belajar blogspot Maka telebih dahulu kita mempelajari hal hal yang mendasar dari Dunia Maya / Intenet dan Hypertext Markup Language (HTML)

Internet merupakan jaringan komputer global yang diperkirakan saat ini dipergunakan oleh lebih dari 1 Milyar orang di seluruh dunia. Dasarnya adalah jaringan computer yang dipergunakan Departemen Pertahanan AS yang disebut ARPANET. Tak lama kemudian ARPANET dikembangkan menjadi jaringan yang lebih luas dan disebut Internet. Pada akhir decade 80 ,Internet sudah mulai tersebar ke seluruh dunia, namun masih terbatas pada dunia akademis. Karena Internet menawarkan banyak fasilitas seperti mengirim surat elektronik (email), transfer data, bahkan juga penggunaan video, maka tak heran kalau perkembangan Intenet dan
jumlah penggunanya meningkat pesat.

Internet dapat dibayangkan sebagai sebuah “samudra” komputer di seluruh dunia yang masing-masing terkoneksi satu sama lain dengan menggunakan “kabel”. Mungkin timbul pertanyaan, jika demikian apakah berarti sebuah kabel yang digunakan begitu panjang? Tentu saja tidak. Jaringan Internet meminjam saluran
telepon dan media pemancar sebagai “kabel” yang menghubungkan satu komputer dengan yang lain.

Jadi sebetulnya, antara satu komputer dengan komputer lain, yang saling berkomunikasi satu sama lain lewat Internet, mungkin saja, menggunakan banyak sekali “kabel” (media komunikasi). Coba bayangkan, sekarang ini kita bisa chatting dari Surabaya ke teman kita yang sedang bersekolah di Boston. Ada berapa banyak “kabel” yang dibutuhkan untuk itu?

Sedangkan untuk dapat tersambung ke Internet dari rumah, biasanya digunakan modem. Modem ini bertugas untuk mengokonversikan gelombang yang dikirimkan menjadi bahasa yang dimengerti oleh komputer. Dari sinilah muncul istilah Dial-Up Networking. Sebagai contoh praktis, untuk menghubungi Telkom Speedy, digunakan software Dial-up Networking dengan media komunikasi modem. Komunikasi Internet ini mempunyai bermacam-macam koneksi. Antara lain seperti berikut :

1. Modem
Modem paling banyak digunakan oleh orang, digunakan dengan menghubungkan dengan Internet melalui line telpon. Ketika browsing web / blogspot menggunakan modem, kecepatan yang digunakan kebanyakan adalah 56 Kilobit per second (56 Kbps).

2. Cable Modem
Kabel modem dapat melakukan transfer informasi dalam speed lebih dari 3000 Kilobit persecond (3000 Kbps) dengan menggunakan kabel seperti kabel yang digunakan pada televisi. Contoh yang ada sekarang adalah Kabel Vision.

3. ISDN
Singkatan dari Integrated Service Digital Networking, adalah komunikasi telpon menggunakan digital. Kecepatan trasfernya adalah kebanyakan antara 64Kbps sampai 128 Kbps. Contoh penyedia ISDN adalah Telkom.

4. DSL
DSL (Digital Subscriber Line), dengan kecepatan transfer 1000 Kbps sampai 9000 Kbps. (hampir seperti kecepatan LAN 10Kbps).

Dalam berkomunikasi di Internet dibutuhkan alamat. Untuk alamat internet ini biasanya dikenal dengan Uniform Resource Locator. (URL). Untuk tiap web / blogspot memiliki alamat yang berbeda dan unik. Sebuah web / blogspot mempunyai URL dengan skema terdiri dari nama web / blogspot server itu sendiri dan alamatnya.Skema ini mengidentifikasikan akan bahasa, protocol yang digunakan untuk mengakses web / blogspot. Nama sebuah web / blogspot server juga dikenal sebagai nama domain, mengidentifikasikan nama server yang disimpan di web / blogspot.

Ada beberapa jenis protocol harus dikenal di internet yaitu :

- FTP (File Transfer Protocol), digunakan untuk tukar menukar file antar pengguna Internet.
- Telnet, digunakan untuk berkomunikasi dan berhubungan dengan komputer lain di intenet.
- Gopher, digunakan mengakses topik-topik informasi dari server yang mendukung Gopher.
- POP3-mail (Post Office Protocol versi 3), layanan e-mail yang biasanya diberikan oleh ISP tempat kita berlangganan internet. Electronic Mail (E-mail) adalah layanan surat elektronik, digunakan untuk mengirim dan menerima surat.
- IRC (internet Relay Chat), layanan yang digunakan untuk bercakap-cakap (dengan modus teks/ tulisan) dengan seluruh pengguna internet didunia dengan topik tak terbatas.
- HTTP (Hypertext Transfer Protocol), Protokol ini merupakan basis dari WWW (World Wide Web / blogspot), yang dapat digunakan untuk mengakses informasi-informasi atau dokumen dari server yang ditulis dengan menggunakan bahasa HyperText Markup Language (HTML). Pengguna yang menerima informasi atau dokumen tersebut sering disebut sebagai client, dan menggunakan sebuah browser untuk melihat isi dari informasi dokumen tersebut. Untuk mengakses dokumen dari sebuah server www, pengguna melakukannya dengan mengetikkan alamat dari dokumen tersebut di Internet, didahului dengan http://

Fungsi dari browser adalah untuk mengirimkan dan mengambil data dari sebuah web / blogspot server kemudian menerjemahkan bahasa HTML dari web / blogspot server tersebut yang hasilnya kemudian ditampilkan pada layer monitor. Browser yang paling banyak digunakan sekarang adalah Microsoft Internet Explorer (MSIE) dan Googlw Chrome dan Mozilla Firefox.