Prinsip-prinsip Desain Web / blogspot

1. Fokus pada kebutuhan. 
Pada saat membuat halaman Web / blogspot, yang pertama kali harus ditanyakan adalah “untuk apa saya menampilkan halaman Web / blogspot ini?” Apakah untuk memperkenalkan diri pribadi, memperkenalkan perusahaan saya, produk produk yang akan saya jual, menunjukkan alamat kantor-rumah, menawari software-software yang dapat di-download, ataukah yang lain. Putuskan dari awal, halaman Web / blogspot yang dibikin ini untuk keperluan apa. 


2. Efisien dalam menggunakan sumber daya 
Seringkali dalam mendesain halaman Web / blogspot, seseorang menjadi sangat tergoda untuk memasukkan semuanya. Ya! Semuanya! Harap diingat bahwa akses Internet --utamanya di negara kita umumnya menggunakan jalur yang lambat, sehingga untuk mengakses sebuah halaman Web / blogspot diperlukan waktu yang cukup lama. Janganlah faktor hambatan ini ditambah lagi dengan menimbun semuanya, apakah itu berupa file gambar berukuran besar, file suara wav, dan lain sebagainya, di dalam satu halaman. 

Sebuah halaman Web / blogspot yang baik, mesti efisien dalam menggunakan sumber daya dan menampilkan yang perlu-perlu saja. Adalah hal yang baik untuk memberikan suasana yang berbeda dan mengesankan, yang hendaknya dilakukan dengan seefisien mungkin.

Sebagus-bagusnya sebuah halaman, tidak akan pernah dilihat oleh orang lain, bila halaman tersebut terlampau besar dan karena terlalu besarnya, menjadi sangat lama untuk menunggu penampilannya, lalu user akan bosan menanti dan beralih ke situs lain.

Halaman besar bukan berarti bahwa ukuran file page halaman itu yang besar, namun perhatikan juga link-link yang berada di dalamnya. 
Ada beberapa isu di sini, yaitu waktu akses, information overload (too much information) dan multimedia overkill. 
Untuk menghindari multimedia overkill, bila halaman-halaman Web / blogspot Kita memakai image yang sama berulang-ulang pastikan untuk memakai satu file saja. Karena dengan hanya merujuk pada satu file yang sama, user tidak perlu mendownload berulang-ulang juga.

3. Mendukung navigasi 
Di belantara samudra Internet, seseorang peselancar Web / blogspot (Web / blogspot surfer) gampang sekali tersesat. Oleh karena itu sediakanlah jalan yang mudah bagi pengunjung Web / blogspot Kita untuk dapat menelusuri satu demi satu semua halaman Web / blogspot yang hendak Kita sajikan, melalui link-link yang dapat diakses dengan mudah pula. Jangan sampai, seseorang tidak jadi mengakses sebuah halaman padahal ia sangat ingin untuk itu, hanya karena ia tidak dapat menemukan halaman itu!! Sangat tragis dan ironis bukan?
Dari sini, struktur pohon (tree) halaman-halaman Web / blogspot menjadi penting.

4. Buatlah halaman Web / blogspot senyaman dan seramahmungkin 
Bila kita berkunjung ke rumah orang lain, maka yang kita harapkan adalah kenyamanan dan keramahan. Seorang tuan rumah yang baik, akan merancang ruang-ruang rumahnya –terutama ruang tamu—senyaman dan seramah mungkin, agar pengunjung atau tamu merasa nyaman dan keramahan dari pemilik rumah.

Keindahan artistik, tatawarna merupakan bagian dari desain ini, yang mencerminkan pula citarasa seni dari pemilik rumah. Di halaman Web / blogspot, teks-teks merupakan bagian dari ucapan-ucapan tulisan desainer Web / blogspot. Buatlah halaman selamat datang seramah mungkin, agar pengunjung situs Kita tersebut tertarik untuk melihat-lihat lebih jauh, jangan malah mengusirnya.

5. Mendukung interaksi, bila diperlukan 
Seringkali dibutuhkan suatu interaksi dari pengguna untuk keperluan tertentu. Contoh yang sederhana adalah buku tamu (guest book). Dengan buku tamu, seorang pengunjung dapat menuliskan kesan-pesan saat berkunjung ke Web / blogspot Kita. Lalu dari catatan para pengunjung, barangkali Kita dapat melakukan perbaikan-perbaikan.

Contoh yang lain yang sedikit lebih kompleks adalah web / blogspot jual-beli barang, atau yang populer dengan sebutan belanja online lewat Web / blogspot (online shopping e-commerce). Seorang pengunjung dapat memesan barang lewat Web / blogspot.

Bagaimana sebuah Interaksi via Web / blogspot dapat dilakukan? Untuk itulah, diperlukan pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan untuk mendesain sebuah Web / blogspot yang dinamis, yang mampu melakukan interaksi dengan pengguna. Web / blogspot tersebut pastilah menggunakan bahasa pemrograman script tertentu, misalnya ASP, JSP, atau PHP.

Categories



Loading...
 
Dark Side Blogger Template Copyright 2010 - Nyoba Belajar SEO Search Engine Optimization di Blogspot Lengkap