Visual Basic Script 1

VBScript merupakan salah satu anggota keluarga bahasa permograman Visual Basic, bahkan merupakan inti dari bahasa pemrograman Visual Basic itu sendiri. VBScript dapat digunakan untuk menangani pemrograman yang rumit sekalipun. Perbedaan mendasar dari Visual Basic dan VBScript ini adalah bahwa Visual Basic memiliki lingkungan desain kerja (desaintime nviorment).
Dalam Visual Basic, Anda dapat menciptakan form dan menulis mode program dengan menggunakan shell yang interaktif. Sedangkan VBScript tidak memiliki lingkungan tersendiri, karena VBScript “menumpang” di dalam HTML.

Kemampuan VBScript antara lain adalah validasi data, kalkulasi data, penyimpanan, animasi, umpan balik multimedia, ataupun memberikan respon terhadap input yang diberikan oleh pengguna. VBScript juga mendukung penggunaan ActiveX Control dan OLE.

ActiveX adalah sebuah object yang digunakan untuk mendukung pemrograman internet. OLE (Object Linking and Embedding) adalah kemampuan untuk berinteraksi dengan berbagai macam jenis file, misalnya teks, grafis, video, sound dalam sebuah dokumen.

Untuk penempatan VBScript dalam dokumen HTML digunakan tag <SCRIPT>. VBScript dapat diletakkan di bagian head maupun body. Umumnya script yang ditaruh pada bagian head adalah script yang berhubungan dengan deklarasi ataupun prosedur. Sedangkan script yang diletakkan di body merupakan bagian dari pemrograman. Untuk script yang diletakkan di body sebaiknya diletakkan di paling akhir. Hal ini bertujuan agar script tersebut telah mengenal semua object HTML yang ada pada bagian body tersebut, sebab jika tidak, maka akan terjadi error. Penulisannya adalah sbb:

<SCRIPT LANGUAGE=”VBScript”>
<!-- ... kode VBScriptnya.-->
</SCRIPT>
 


Tujuan pemberian comment tag <!-- ……--> adalah untuk browser yang tidak mendukung VBScript. Sehingga jika browser tidak mengenali script Anda maka comment tag tersebut akan diabaikan. Perhatikan bahwa comment tag tersebut harus langsung dituliskan tepat setelah tag <SCRIPT>.

Data dan Variabel 

VBScript memiliki fleksibilitas dalam hal penggunaan tipe data. VBScript cukup pandai untuk menerima tipe data apa saja yang Anda masukkan ke dalam variabel, tanpa harus terlebih dahulu diperkenalkan. Hal ini dikarenakan hanya satu tipe data saja yang dikenal oleh VBScript yaitu Variant. Variant merupakan tipe khusus yang menampung berbagai informasi. Mudahnya, variant dapat menampung data berupa teks, numerik, tanggal, bahkan object lainnya. Sekalipun VBScript hanya mengenal satu tipe data, tapi variant sendiri memiliki beberapa subtipe.

Dalam penulisan sebuah variabel, dapat diberikan penamaan secara eksplisit (dideklarasikan dahulu) ataupun secara implisit (langsung tanpa adanya pendeklarasian variabel terlebih dahulu).
Pendeklarasian secara eksplisit dilakukan dengan sintaks DIM nama variabel

Contoh penulisan pada script HTML :

<SCRIPT LANGUAGE=”VBScript”>
<!-- Option Explicit DIM nama variabel … script
</SCRIPT> 


Aturan penamaan dari variabel / konstanta adalah sbb:

• Harus dimulai dengan huruf.
• Tidak boleh ada nama variabel yang sama pada ruang lingkup yang sama.
• Dapat mencapai 255 karakter.
• Tidak boleh menggunakan karakter-karakter tertentu, seperti karakter yang digunakan untuk operasi matematika ( misal *,<, >) ,atau kata-kata kunci yang telah dipergunakan untuk menulis kode program.
• Tidak boleh ada spasi, untuk spasi digantikan dengan karakter underscore ( _ )

Untuk fungsi pengecekan tipe maka disediakan berbagai fungsi seperti:

 VarType,   IsDate,  IsNumeric ,  dll.

Penulisan fungsi adalah seperti berikut

Parameter = Fungsi(namavariabel)

Parameter adalah merupakan variabel penyimpan kode kebenaran dari fungsi berupa bilangan integer. Namavariabel adalah variabel yang akan diselidiki subtipenya.
Selebihnya anda dapat melihat pada Referensi.

Berhubungan dengan variabel, operasi matematika dan logika juga dapat dilakukan pada VBScript, dimana operator matematika juga logika berlaku dalam penulisan rumus dan operasi. Contoh :

<HTML>
<HEAD>
<TITLE> Operasi pembandingan </TITLE>
</HEAD>
<BODY>
<SCRIPT LANGUAGE = “VBScript”>
<!-- A = (10 / 3 >= 0) AND (5 + 1 > 2) Document.write “ Pernyataan (10/3 >=0) AND (5+1>2) bernilai “ & A & “<BR>” -->
</SCRIPT> 

</BODY>
</HTML> 



Pernyataan bersyarat, perulangan, prosedur & fungsi. 
Bentuk-bentuk yang digunakan pada pemrograman dasar seperti pernyataan kondisi, perulangan bersarang, prosedur, fungsi juga berlaku. Contoh:

Sub konversi_panjang(cm)   If cm < 0 then   Exit Sub   Else   Inci = 2.54 * cm  Document.write inci
End if   End Sub

MessageBox dan InputBox. 
Jika anda pernah perhatikan pada browser windows, pada beberapa site ada pernah melihat bahwa adanya muncul suatu windows kecil dimana berisi informasi ataupun berupa inputan. Windows kecil / kotak dialog kecil ini dinamakan sebagai Box. Ada 2 box yaitu InputBox dan MsgBox (MessageBox). Keduanya menampilkan kotak dialog yang berinteraksi dengan Anda pengguna. 

Untuk InputBox cara penulisannya adalah sbb:
Variabel= InputBox(pesan,[,judul][,default][,xpos][,ypos][,filehelp, konteks])

- Variabel menyimpan masukan pengguna
- Pesan Teks yang ditampilkan pada kotak dialog.
- Judul teks yang ditampilkan pada balok judul.
- Default nilai yang dihasilkan jika tidak ada masukan.
- Xpos dan Ypos koordinat posisi kotak dialog pada monitor.
- Filehelp file help memberi petunjuk pengguna kotak dialog.
- Konteks bilangan merujuk pada topik help tertentu.

Sedangkan untuk MsgBox cara penulisannya adalah sbb:
Variabel= MsgBox(pesan,[,tombol][,judul][,filehelp, konteks])

- Variabel adalah variabel yang menampung nilai dari tombol yang diklik.
- Pesan pesan yang ditampilkan pada dialog box
- Tombol konstanta / bilangan menunjukkan tombol apa yang muncul di kotak dialog. Nilai konstanta tombol dapat anda lihat pada Referensi.
- Judul teks yang tampil di balok judul kotak dialog.
- Filehelp file help petunjuk penggunaan kotak dialog.
- Konteks bilangan merujuk ke topic help tertentu.

Misalnya untuk script berikut :
Hasil = MsgBox(“Selamat Datang”, vbOKOnly, “Hallo”)

Event dan Event Handler. 
Pada browser ataupun pada dialog box adanya suatu aksi penekanan tombol, pemasukan inputan, dll yang dilakukan pengguna untuk memicu suatu prosedur. Aksi inilah yang biasanya disebut dengan Event. Sedangkan prosedur yang dipicu selalu merupakan prosedur sub, dan disebut event handler. Event inilah sebenarnya kunci untuk membuat dokumen web yang dinamis dan interaktif. Sebagai contoh jika kita melihat pada beberapa site ada yang bentuk tombolnya berupa gambar yang dapat berubah-ubah baik ketika kita mengkliknya ataupun mouse pointer kita berada diatasnya. Untuk daftar event yang umum digunakan di VBScript dapat dilihat di Referensi.

Jika kita perhatikan pada tag HTML sebelumnya terlihat bahwa setiap kontrol seperti kontrol input, tombol dan teks mempunyai properti seperti adanya nama dan value. Properti ini adalah merupakan sifat dari sebuah kontrol. Dan properti ini dapat ditampilkan di web atau dapat dimasukkan ke sebuah variabel. Untuk itu kita perlu mengetahui cara menampilkannya. Untuk memanggil nilai properti atau namanya digunakan sintaksnya adalah:

Namakontrol.properti
Jika kontrol merupakan bagian dari suatu form HTML maka sintak-nya adalah sbb:

Namaform.Namakontrol.properti
Dengan penjelasan dari Event yang ada, tentu juga adayang mengontrol daripada event tersebut. Pengontrol event ini disebut dengan Event Handler. Cara penulisan dari Event Handler ini adalah sbb:

Sub namakontrol_namaevent()
…. Prosedur End Sub

Contohnya jika kita ingin memberikan event OnClick pada suatu tombol dengan nama “Tombol1” maka penulisan dokumen HTML –nya adalah:
… 
<INPUT TYPE=”Button” NAME=”Tombol1” Value=”OK”>
<SCRIPT LANGUAGE=”VBScript”>
<!-- Sub Tombol1_OnClick MsgBox “Hallo “ End Sub -->
</SCRIPT>
… 
atau dapat dengan cara penulisan


<SCRIPT LANGUAGE = “VBScript”>
<!-- Sub klik() MsgBox “Hallo “ End Sub -->
</SCRIPT>

<INPUT TYPE=”Button” NAME=”tombol1” VALUE=”OK” OnClick=klik()>
… 


Event yang paling sering dipakai adalah OnClick, tapi juga tidak menutup kemungkinan akan event handler lain yang ikut terlibat.


Categories



Loading...

1 comments:

Jefry said...

salah satu ilmu pemrograman yang harus dapat dikuasai ni
terima kasih infonya

 
Dark Side Blogger Template Copyright 2010 - Nyoba Belajar SEO Search Engine Optimization di Blogspot Lengkap